“RINCIAN MINGGU EFEKTIF”
BULAN
|
JUMLAH MINGGU
|
PEKAN EFEKTIF
|
PEKAN TIDAK
EFEKTIF
|
JULI
|
2
|
2
|
-
|
AGUSTUS
|
5
|
3
|
2
|
SEPTEMBER
|
4
|
4
|
-
|
OKTOBER
|
4
|
4
|
-
|
NOVEMBER
|
5
|
5
|
-
|
DESEMBER
|
4
|
1
|
3
|
JUMLAH
|
24
|
19
|
5
|
v Keterangan
5 pekan tidak efektif : 2 pekan libur hari raya
1 pekan semester ganjil
1 pekan
class meeting
v Pekan
efektif = 19 pekan x 6 jam pelajaran
= 114
jam pelajaran
“PROGRAM
SEMESTER”
Bulan / minggu
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
No
|
Kompetensi
dasar
|
Jam pelajaran
|
juli
|
Agustus
|
september
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||||||||||
1.
|
Menggunakan
|
8 jam
|
6
|
2
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
aturan pangkat,
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Akar,dan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Logaritma
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
SILABUS
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
SEKOLAH : SMA
KELAS :
X
MATA
PELAJARAN :
MATEMATIKA
SEMESTER : SATU
STANDAR KOMPETENSI : MEMECAHKAN MASALAH YANG BERKAITAN
DENGAN PANGKAT,AKAR,DAN LOGARITMA
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
DAFTAR PUSTAKA
|
||||
KOGNITIF
|
PSIKOMOTOR
|
AFEKTIF
|
TEKNIK
|
BENTUK INSTRUMEN
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
Menggunakan
aturan pangkat, akar, dan logaritma.
|
Bentuk
pangkat, akar, dan logaritma
·
Bentuk pangkat,
·
Bentuk akar,
·
Bentuk logaritma.
|
·
Menyimak pemahaman tentang bentuk logaritma.
·
Mengaplikasikan rumus-rumus logaritma.
·
Mendeskripsikan bentuk logaritma
·
Melakukan pembuktian sifat-sifat logaritma.
|
·
menggunakan aturan dalam bentuk Logaritma.
·
menggunakan sifat-sifat dalam bentuk logaritma.
·
Mendeskripsikan bentuk logaritma.
·
membuktian sifat-sifat logaritma.
·
Menentukan rumus-rumus logaritma
·
Menentukan nilai suatu variable dalam persamaan
yang berbentuk logaritma
|
·
Siswa bekerjasama menyelasaikan tugas yang
diberikan.
·
Siswa berdiskusi dengan siswa yang lain tentang
materi ajar bentuk logaritma
·
Siswa mampu menyampaikan argumennya tentang materi
ajar bentuk logaritma
|
·
Siswa senang dengan materi bentuk logaritma
·
Siswa disiplin dengan bahan ajar bentuk logaritama.
·
Siswa teliti dalam bahan ajar bentuk logaritma.
|
Tertulis
|
Uraian
|
Tentukan
nilai X pada persamaan berikut
a.
2 Log 32 = x
b.
3log 27 = x
|
4
x 45 menit
|
·
Buku kompetensi matematika kelas X.
·
Buku referensi lain.
|
Johanes
, dkk. 2005. Matamatika . Jakarta : Yudhistira.
|