Selasa, 19 Juni 2012

CARA MENGATASI TOUCHPAD MACET

hari ini begitu unik. 
alhamdulillah ada beberapa orderan untuk instal dan beberapa lagi ada yang maintenance dan ada juga yang sekedar konsultasi. biasanya kalau orderan sih sehari dua atau tiga laptop dan atau notebook.
dan kebanyakan orderan dari kaum ibu-ibu. 
setelah selidik punya selidik, eh ternyata virusan. ada lagi yang cuma gara-gara kebanyakan program. 
dan yang unik disini ternyata gara-gara salah pencet.

perlu sahabat semua ketahui bahwa salah pencet tombol
tertentu di laptop bisa bikin kita pusing tujuh keliling, bahkan kadang gak cukup ma tujuh keliling (hehe..). nah ini dia yang di alami ma salah satu klien saya.waktu itu beliau lagi ngetik tugas kuliah. karena memang beliau masih kuliah di salah satu universitas yang ada di bengkulu. 

eh gak tahunya kenapa kursornya gak mau jalan. "wah pokoknya stress dah mas !
padahal tugas mau dikumpul besok lagi !". kemaren temen juga kayak gitu mas. terus dibawa ke toko komputer terdekat. setelah di ceck katanya ada yang harus diganti. dan ditanya berapa mas biayanya ? 
dari pihak toko bilang paling gak Rp 100 ribu. karena mau cepet dan memang gak tahu apa-apa soal komputer jadi ya langsung aja di setujui n minta langsung di benerin.

waduh mbak ngeri amat !. lah kok ngeri mas ?. iya mbak ngeri !. apanya yang ngeri mas ?
duitnya yang ngeri. abis gede banget.
 tahu gak mbak tu masalahnya apa ?
gak mas. emang masalahnya apa mas ?
jadi itu masalahnya ada di touchpad-nya. 
apa tu mas touchpad ?
gini mbak, di notebook atau laptop tu ada papan yang fungsinya untuk menggerak-gerakkan kursor atau kalau komputer tu mousenya (walaupun di laptop atau notebook juga bisa digunakan).
nah untuk lebih jelasnya liat gambar diatas. 

jadi sebenarnya disini untuk beberapa touchpad tu bisa di non aktifkan. saat kita ngetik pakai laptop atau notebook tu kan biasanya kursornya suka bergerak-gerak sendiri. jadi beberapa laptop atau notebook di lengkapi dengan kode untuk men-disfungsikan atau bahasa sederhananya mematikan touchpadnya untuk sementara, sampai kita membutuhkannya lagi.

nah inilah yang sering terjadi saat beberapa dari anda tidak sengaja memencet kode, dan kemudian touchpad anda terkunci.
biasanya dari beberapa notebook touchpad dapat dikunci dengan kombinasi Fn + F7. atau anda perhatikan jika ada di keyboard simbol seperti tangan dengan jari menunjuk. kombinasikan tombol dengan simbol tangan menunjuk itu ama tombol Fn.

ok demikian sharing  dari saya hari ini..
semoga bermanfaat

jika ada yang ingin konsultasi/service bisa hubungi No saya di bawah ini
 085366408418 atau 089662913880

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: