Minggu, 08 Maret 2015

Cinta Berbalas Benci



Assalamualaikum
Saudara sekalian senang rasanya hari ini ane bisa berbagi pengalaman lagi sedikit kepada ente semua terkait kisah yang ane alami. Hari ini ane alhamdulillah sudah mewujudkan salah satu cita-cita ane yaitu menjadi guru matematika. Selain sebagai guru mata pelajaran ane juga diamanahkan menjadi wakil kepala sekolah bagian kesiswaan yang fungsi mengurusi anak baik prestasi ataupun hal-hal lain yang berhubungan dengan siswa.
                Ane yakin disebagian sekolah waka kesiswaan ini menjadi momok yang menakutkan karena kerjaannya memberikan sangsi sama anak-anak yang bermasalah di sekolahnya. Bahkan dicap sebagai guru killer atau guru kejam yang juga disematkan ama guru BK.
                Terkadang ane jenuh dengan berbagai tingkah para siswa, terkadang juga ane pengen membiarkan semua apa yang mereka lakukan, kadang juga ane berfikir bahwa ngurusi mereka itu hanyalah membuang-buang waktu ane aja. Terkadang ane berfikir harusnya orang tualah yang bertanggung jawab dengan kehidupan mereka. Tapi ada satu hal yang kemudian membuat ane tidak lantas mengikuti ego dalam diri ane sendiri. Ane kali ini faham bahwa remaja itu tanggung jawab kita semua gak Cuma orang tuanya. Kita yang disekitarnya mempunyai kewajiban yang sama untuk mengarahkan mereka kepada jalan-jalan kebaikan. Dengan berjalannya waktu ane mulai memahami ane tidak bisa tinggal diam dengan apa yang mereka lakukan.
                Pertama, ane teringat masa ane remaja dulu. Saat itu ane
masih duduk di sekolah menengah pertama. Menurut ane ini adalah masa perubahan besar didiri ane. Ane sudah mulai mengenal apa itu suka dengan lawan jenis, mengenal geng dan berbagai hal yang berhubungan dengan remaja. Dari berdasarkan pengakuan temen-temen, ane bisa dikatakan siswa yang cerdas. Oleh karena itu ane masuk kelas unggulan. Walaupun ane masuk kelas unggulan bukan berarti ane tidak bergaul dengan kawan-kawan ane yang lain. Banyak temen-temen ane yang kerjaannya waktu itu merokok, minum, bolos, berantem dan berbagai macam kenakalan remaja lainnya. Saat menginjak semester 1 ane sudah menjadi andalan guru matematika ane jadi kalau temen-temen tidak ngerjain mau gak mau ane harus selesaikan tu tugas di depan kelas sebagai penyelamat biar gak kena omel satu kelas. Bergaul dengan para preman waktu itu sedikit banyak berpengaruh sama ane apalagi kakak sepupu ane waktu itu salah satu orang penting geng yang disegani oleh para siswa disekolah ane.
Ane bahkan sempet nyicipin sekali gimana rasanya merokok karena didesak oleh temen-temen ane waktu itu. Namun karena mereka tau ane gak doyan kayak gituan akhirnya mereka nyerah. Tapi tetep ane masih bergaul ama mereka walaupun begitu ane tidak terpengaruh oleh mereka bahkan ane berusaha merekalah yang kemudian ikuti jejak ane. Suatu ketika dikelas 3 atau kalau sekarang kelas 9, ane pernah bolos bareng-bareng sama temen sekelas ane. Ketika itu ada tugas matematika tapi tugas ane ketinggalan n pas itu juga banyak temen ane yang gak buat tugas akhirnya kami sepakat buat bolos sekolah, emang sih gak semuanya. Karena rumah ane paling deket & paling strategis buat nongkrong akhirnya kami nongkrong dirumah ane. Ibu ane tau ane pulang tapi waktu itu beliau diem aja.
keesokan harinya, Jam pelajaranpun dimulai. Satu rombongan bolos kemaren dipanggil ama guru ane n disuruh maju kedepan kelas. Saat maju ane selaku andalan guru ane tersebut malu bukan main. Ane dipermalukan didepan temen-temen ane. Habis tu perut kami dicubit satu persatu. Awalnya ane kesal bukan main ama nih guru, sampai-sampai nyeletuk dalam hati ane“awas loe ntar kalau ane dah besar ane balas ente atau kalau gak biar ntar ane ajakin temen ane bongkar rumah loe”. Setelah pulang dirumah ane berfikir ulang, ini salah siapa ? ane apa guru ane ? wajar gak guru ane marah sama ane. Setelah ane fikir-fikir lagi ini emang ane yang salah ngapain marah ama guru ane lagian kalau ane marah ama tu guru apa manfaatnya buat ane ?. perlahan ane memahami bahwa yang ane lakukan itu emang salah n sudah sepantasnya guru ane menegur ane. Dari teguran keras itu kemudian membuat ane & temen-temen ane sadar bahwa guru ane begitu sayangnya ama ane & temen-temen jga, n ente tau apa yang terjadi selanjutnya. Pada saat pengumuman kelulusan sekolah ane kurang lebih hanya 50 persen yang lulus n yang kena marah oleh guru ane waktu itu lulus semua. Sampai saat ini ane selalu ingat & mengagumi guru ane tersebut.
Kedua, selain guru ane waktu itu ada jg orang tua ane yang selalu mengingatkan ane saat ane salah kadang ane merasa ane ini anak paling anak nakal didunia karena sering ditegur ama orang tua ane. Tapi ahamdulillah hari ini ane faham bahwa sesungguhnya apa yang orang tua ane lakukan mutlak, tidak lain dan tidak bukan karena rasa sayang mereka kepada ane. Bahkan dulu ane pernah dicambuk oleh orang tua ane karena ane tidak shalat. Sama saat ane kena marah ama guru ane. Ane kesal, ane marah sejadi-jadinya ama orang tua ane. Tapi berjalannya hari ane kemudian menyadari bahwa orang tua ane mau ane jadi anak yang kemudian mempertahankan shalatnya. Orang tua ane pengen ane jadi orang yang bisa menjadi kebanggaan siapapun. Dan mereka ingin menanamkan bahwa shaat itu wajib bagi setiap muslim. N alhasil hari ini ane faham betul bahwa shalat itu adalah kebutuhan ane. n satu hal lagi, orang tua pasti tau apa yang ente lakukan. Seberapa pinter menyembunyikan (bohong) apapun dari orang tua mereka pasti tahu.
Dari kisah singkat hidup ane diatas, dapat kita ambil pelajaran bahwa sesungguhnya ketika orang menegur kita atau bahkan kesan memarahi kita itu adalah salah satu bentuk cinta mereka kepada kita. Jangan sampai rasa cinta mereka berbalas benci dari kita. Dan mari kita coba berfikir lebih dalam lagi dengan semua perlakuan orang lain terhadap diri kita. Be Positive Thinker N be Better.

Wassalamualaikum wr.wb
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: