Rabu, 29 Mei 2013

Mengatasi Dokumen Word yang Terprotect


Mengatasi Dokumen Word yang Terprotect

"Document hanya bisa dibaca saja tidak bisa diedit dan tidak bisa diapa-apakan karena terprotect dan sialnya malah Lupa Password! . Mau ngetik ulang jumlahnya ratusan lembar kalau orang lemah bulu bisa nangis tu seandainya mengalami kejadian seperti itu. 

Protect dokumen itu wajar saja kita lakukan untuk menjaga keutuhan text pada Microsoft word yang tujuannya adalah agar document terjaga dari tangan-tangan nakal yang sukanya picik-picik keyboard dan mouse semau-maunya merubah-rubah isi document orang tidak peduli yang diutak-atik adalah document penting orang yang punya pc. 
Tapi sialnya terkadang
protect document tersebut menjadi boomerang bagi si pemiliknya sendiri dikarenakan lupa dengan passwordnya! Yach wajarlah karena manusia adalah tempatnya lupa dan khilaf.
Tapi tenang jangan nangis dulu ya…. Walaupun manusia tempatnya lupa dan khilaf tapi adalagi kata bijak yang mengatakan bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, asalkan kita mau berusaha pasti ada jalannya. document yang terprotect tersebut dapat kita buka kembali dengan cara sebagai berikut: 

 
Sebelumnya untuk nambah ilmu anda kenali dulu Jenis protect document pada Ms. Microsoft Word antara lain adalah : 

 
1. Tracked Changes 
2. Comment 
3. Filling In Form 
4. No Change (Read Only) 

 
Singkat waktu kita mulai langkah-langkahnya. Yang harus kita lakukan adalah : 
  1. Buka document yang terprotek itu kemudian
  2. Pada menu bar pilih save as 
  3. Pada Save As Type, simpan document dengan type Web Page, atau XML Document. 
  4. Setelah di Save As tutup document tersebut. 
  5. Selanjutnya kita buka kembali document yang telah kita save as dengan type Web Page tadi dengan notepad atau klik kanan pilih open with notepad 
  6. Setelah dibuka dengan notepad cari kata yang mengandung kata protection : biar tepat sasaran pada notepad tersebut tekan ctrl+f selanjutnya ketikkan kata protection, selanjutnya klik Find Next. Maka secara cepat kita akan menemukan kata protection, Selanjutnya hapus 2 (dua) baris kalimat ini : 
    <w:DocumentProtection>Forms</w:DocumentProtection> 
    <w:UnprotectPassword>C782CE28</w:UnprotectPassword> 

     
  7. Setelah itu kita save dan tutup noted tersebut. 

     
  8. Selanjutnya buka aplikasi Ms. Word kemudian pilih file, pilih open pilih file yang kita edit di notepad tersebut, dan berhasil!!!! protect hilang, 
  9. Biasanya tampilan lembar kerja word akan sangat lebar untuk mengatasinya klik icon kecil di samping kiri paling bawah, pilih Print Layout View atau bisa juga dengan klik menu view pilih print layout biar tampilannya bagus

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: