Senin, 11 Februari 2013

Scrable


Scrabble bisa dimainkan oleh dua sampai empat orang pemain. Tujuan bermain Scrabble adalah untuk mencetak poin lebih banyak dari lawan. Seorang pemain mengumpulkan poin dengan menempatkan kata-kata di papan permainan. Setiap huruf memiliki nilai yang berbeda, sehingga strategi permainan ini adalah memainkan kata-kata dengan kombinasi huruf yang mempunyai nilai yang tinggi. 

Papan Scrabble 

Sebuah papan permainan Scrabble terbuat dari sel-sel di atas kotak persegi. Lebar papan Scrabble terdiri dari 15 sel, dan tingginya juga 15 sel, sehingga keseluruhan selnya berjumlah 225. Ubin 
Scrabble dipasang dalam sel-sel ini, masing-masing satu ubin untuk satu sel. 

Ubin Scrabble 

Scrabble dimainkan dengan 100 ubin. 98 dari ubin-ubin ini terdapat huruf pada salah satu sisinya, dan ada 2 ubin kosong. Ubin kosong berfungsi sebagai wildcard (joker) untuk membantu mempermudah pembentukan kata. Ubin kosong ini bisa digunakan sebagai huruf apa saja.  

Masing-masing huruf mempunyai nilai yang berbeda, tergantung pada jarangnya huruf tersebut digunakan dalam kata-kata dan kesulitan dalam memainkannya. Ubin kosong tidak mempunyai nilai apa-apa. 

Nilai Huruf

Berikut adalah nilai untuk masing-masing huruf dalam Scrabble. 

0  Poin – Ubin kosong.
 
1  Point - A, E, I, L, N, O, R, S, T dan U. 

2  Points - D dan G. 

3  Poin - B, C, M dan P. 

4  Poin - F, H, V, W dan Y. 

5  Poin - K. 

8  Poin - J dan X. 

10  Points - Q dan Z. 


Poin Ekstra

Beberapa kotak (sel) pada papan Scrabble mempunyai nilai kelipatan. Jika ubin ditempatkan di kotak ini, maka nilai huruf pada ubin tersebut dikalikan dengan sebuah faktor, 2x atau 3x. Beberapa kotak tertentu berfungsi sebagai pengganda nilai kata secara keseuruhan, bukan hanya huruf.

Skor Huruf Dobel (x2)—sel berwarna biru muda yang tempatnya agak terpencil.  Jika ubin ditempatkan di kotak ini, maka nilai huruf pada ubin tersebut dikalikan dengan dua. 

Skor Huruf Triple (x3)—sel berwarna biru tua. Ubin yang ditempatkan pada kotak ini, nilai hurufnya dikalikan dengan 3. 

Skor Kata Dobel—sel berwarna merah muda yang terdapat pada posisi diagonal dari keempat sudut papan. Jika salah satu huruf menyentuh kotak ini, maka nilai keseluruhan kata dikalikan dengan 2.

Skor Kata Tripel—sel berwarna merah tua. Sel berwarna merah tua ini terdapat pada keempat sisi papan dengan jarak yang sama dari masing-masing sudut papan. Bila kata yang dibuat menyentuh salah satu kotak berwarna merah tua ini, maka poin untuk kata tersebut dikalikan dengan 3. 

Hanya Berlaku Satu Kali—poin ekstra ini hanya berlaku satu kali. Jika seorang pemain berikutnya menggunakan kotak-kotak tersebut pula, maka nilainya tidak lagi digandakan.

Memulai Permainan 

Masing-masing pemain mengambil salah satu ubin dari dalam kantung atau dari meja di mana ubin-ubin tersebut ditaburkan pada posisi terbaik. Pemain yang mendapat huruf paling dekat dengan “A” berhak memulai permainan. Kemudian huruf-huruf undian tersebut dikembalikan ke dalam kantung. Jika seorang pemain mendapat ubin kosong, maka dia memenangkan undian.
 
Masing-masing pemain mengambil sebanyak tujuh huruf dari dalam kantung, dan menempatkannya pada rak masing-masing. Selama permainan berlangsung, masing-masing pemain mempunyai tiga pilihan: membuat kata, mengatakan “pass”, atau menukar huruf. Namun biasanya kebanyakan pemain memilih membuat kata.

masing-masing pemain bisa menukar ubin yang ada padanya, sebagian atau seluruhnya. Jika seorang pemain menggunakan kesempatannya untuk menukar ubin, maka dia tidak berhak membuat kata.

Seorang pemain bisa mengatakan “pass” ketika gilirannya. Jika semua pemain mengatakan “pass” dua kali berturut-turut, maka permainan berakhir. 

Skor Kata Pertama 

Seorang pemain memulai permainan dengan membuat sebuah kata yang salah satu hurufnya menyentuh kotak bertanda bintang yang terdapat di tengah-tengah papan. Tanda bintang ini sekaligus bertindak sebagai pembuat skor kata dobel (x2). Namun bagi pemain berikutnya, yang juga menggunakan tanda bintang tersebut, skor ini tidak berlaku lagi.

Selanjutnya, giliran pemain berputar searah jarumjam.

Mengganti Ubin

Ubin yang sudah dipasang untuk membuat kata, kemudian diganti dengan ubin yang baru, dari dalam kantung, dengan jumlah yang sama dengan ubin yang dipasang, sehingga jumlah ubin di tangan pemain tetap 7. Ketika mengambil ubin, sang pemain tidak boleh melihat ubin yang akan dia ambil. Ubin biasanya ditempatkan di atas mata para pemain, sehingga para pemain disuruh merogoh ke dalam kantung dengan tanpa melihat apa yang dia ambil. 

Lima puluh Bonus Poin

jika seorang pemain berhasil merangkai semua tujuh ubin yang dia punya menjadi sebuah kata, maka sang pemain diberi bonus poin sebesar 50. namun, pada akhir permainan, pemain yang berhasil merangkai semua ubin yang ada di tangannya menjadi sebuah kata, tetapi jumlahnya kurang dari tujuh ubin, sang pemain tidak diberi bonus 50.

Permainan Berakhir

Ketika semua ubin di dalam kantung telah habis dimainkan, dan salah satu pemain telah menghabiskan semua ubin yang ada di tangannya, maka permainan berakhir.

Penghitungan Skor

Setelah permainan telah berakhir, masing-masing pemain menghitung poin dari ubin yang tersisa di tangannya. Kemudian jumlah skor total yang diperoleh sang pemain dikurangi dengan jumlah poin dari ubin yang tersisa di tangannya.

Pemain yang berhasil menghabiskan seluruh ubin yang ada di tangannya diberi bonus. Jumlah poin dari ubin yang tersisa di tangan para pemain ditambahkan, kemudian diberikan (ditambahkan) kepada pemain yang berhasil menghabiskan seluruh ubin di tangannya tersebut.   

Pemain yang mempunyai skor akhir paling tinggi ditetapkan sebagai pemenang.

Kata-Kata yang Diterima

Pemain dapat menempatkan setiap kata yang dapat ditemukan dalam kamus bahasa Inggris standar. Kamus Scrabble yang resmi juga dapat ditemukan di toko buku dan online. 

Jenis kata-kata yang tidak dapat digunakan adalah singkatan, prefiks dan sufiks. Kata-kata yang memerlukan tanda hubung atau apostrof tidak dapat dimainkan. Kata-kata yang dieja dengan huruf kapital tidak dapat digunakan. 

Umumnya dalam sebuah permainan Scrabble berbahasa Inggris, kata-kata dari bahasa asing (non-Inggris) tidak dapat diterima. Jika kata-kata tersebut muncul dalam kamus bahasa Inggris standar, maka kata itu diperbolehkan. Hal ini karena kata tersebut cukup sering diucapkan oleh penutur asli bahasa Inggris-yang telah menjadi bagian dari bahasa Inggris
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: